Kamis, 08 Juni 2017

"Maniak Game Online" Cika Apriliani Lolos Kuis 13

Kuis Debat Team 3 Vs Team 4 "Maniak Game Online" SMAN 41 Thn 2017
Nama Tim Pro : Dina Maulida (orang pertama), M. Aldi ( orang kedua), Cika Aprilia (orang ketiga)
Tim Kontra: Alfareza Y ( orang pertama), Gusti Wahyu K ( orang kedua), Jovanca S (orang ketiga)
Kelas: X IPS 3
Tugas:Kuis Debat
Pelajaran: Bahasa Indonesia
Semester: Genap
Nama Guru: M. Jarkasih S.Pd, M.Par
Dialog:
         Pro (Dina): Saya sangat setuju dengan adanya maniak game online. Karena tidak selamanya game online itu berdampak negatif buktinya ada yang bedampak positif yaitu:
1)      Aktivitas Fisik
2)      Kebugaran dan gizi
3)      Kordinasi mata dan tangan
4)      Keterampilan sosial
5)      Meningkatkan kemampuan belajar
6)      Mengatasi stress
7)      Kerja tim dan membuat orang senang
Mengurangi stress dalam artian dia tidak diwaktu luang dia bisa bermain game online setelah belajar jadi ia tidak stress akibat kebanyakan belajar. Kerja tim game online dapat juga menampakan solidaritas karna dapat bermain kelompok juga dan bisa menimbulkan kerja tim yang bagus sesama tim.
Kontra (Alfareza): Saya akan menyanggah dari tim satu pro. Dalam bermain game online ada menang dan kalah. Akibat kalah untuk mereka yang kecanduan akan muncul nafsu dan dendam untuk memenangkan lawan itu dan harus terbayar jika tidak ada uang maka menggunakan sumber-sumber tertentu. Untuk mereka yang akan lebih tenang dan untuk yang bermain akan menggunakan nafsu dan dendam akan kecanduan terhadap game itu sendiri.
Pro(Aldi):  Menurut tim kami game online itu baik game online itu dapat melatih otak untuk lebih berleluasa berfikir dalam strategi dalam permainan dan dapat melatih kerja sama tim dan aktivitas fisik dan kordinasi mata dan tangan. Serta keterampilan sosial yang anak-anak pemalu saat bermain game online dapat mengurangi stress dan tidak pemalu lagi dan dapat banyak teman akan timbul rasa kepercayaan diri kepada diriny sendiri. Game online dapat merefresh otak setelah penat dalam belajar dan agar kita tidak pusing dan refresh otak.
Kontra(Gusti): Saya akan menyanggah karena menurut kami game online dapat membuat minat belajar berkurang karena pelajar terlalu serius dengan game yang dia mainkan.Tadi menurut Aldi dapat merefersh otak dengan cara berolahraga, bermain berasama teman atau keluarga.
Pro(Cika): Terima kasih tim kontra pembicara pertama dan kedua tadi kalian menjelaskan kecanduan nafsu akan musuh dan dendam, kami tidak setuju karena game online dapat juga aktivitas fisik dan kordinasi mata dan tangan melatih ketangkasan si anak dalam bermain game online. Pertanyaan kami apakah anda dapat menjamin kalau tidak bermain game online anak itu akan cerdas? Intinya pada dasarnya kita harus memenej waktu antara bermain dan belajar yang tepat dan mana yang harus dikerjakan yang terlebih dahulu. Belajar memang utama tapi saat kita mulai penat mulai stress, mulai pusing apakah terus-menerus belajar? Kita harus memiliki bgaimana waktu yang tepat untuk tidak terbawa emosi dalam belajar-belajar dan belajar. Kita harus juga dapat membagi waktu antara belajar dengan pendidikan dan meluangkan waktu sejenak untuk game online. Kenapa kita bilang keterampilan sosial karena saat anak itu takut pemalu bullying di sekolah, di lingkungan keluarganya, lingkungan fisik dan lainnya dan lingkungan sosial lainnya. Dengan game online keterampilan sosial dan kerja sama tim yang sportif karena saat dibagi game online tersebut. Jadi tidak ada kecurangan kemenangannya pundibagi oleh kerja sama tim contoh game counter strike, point blank, ayo dance, clash of clans of clash disitu melatih kecerdasan dan ketangkasan si anak dalam kerja sama tim. Jadi sehingga sportif antara tim bagaimana membagi tugas dalam game online. Intinya kita dapat memanej waktu dan membagi waktu dalam hal positif dan hal negatif. Yang saya ajukan pertanyaan ke anda tim kontra  apakah yang namanya game online itu selalu merusak dan dapat mengurangi minat belajar? padahal yang namanya game itu meluangkan waktu antara belajar dan menghilangkan penat dalam belajar itu fungsi dari game online sebetulnya.
Kontra(Jovanca): Kami akan menyanggah dari tim kontra kalau misalkan kalian berbicara bahwa game online dapat melatih kordinasi dan fisik baik ragam otak dan lain- lain. Bermain games online menjadikan dia seperti untuk berfikir susah untuk mempunyai banyak banyak ide dalam pelajaran disekolah dan dia pun mempengaruhi nilai prestasi disekolah misal mendapat ranking sekolah yang turun. Dan apakah kalian dapat menyebutkan juga itu kelebihan dari games online. Games online itu seperti narkoba karena games onlien dapat menimbulkan hal-hal negatif dalam diri kita baik fisik, psikologis, dan waktu juga. Jadi kesimpulan yang kita ambil adalah games online yaitu:
1)      Kesehatan kita akan menurun
2)      Psikologis kita akan terganggu baik dari mental dan lain-lain.

Pro(Cika) : Anda selalu berfikir bahawa maniak game online itu negative .Tapi tim kami berfikir melatih aktivitas fisik mengapa aktivitas fisik karena itu ketangkasan antara kerja sama otak dan kerja sama otak. Mengapa kita tadi berkata kecerdasan otak karena saat kita lawan musuh kiat memiliki strategi yang tepat.Tadi tim anda berkata telat berfikir pada dasar manusia memiliki kemampuan dalam diri contohnya  Indonesia pernah menjuarai juara game online Clash of Clans dalan internasional tetapi tidak ada wadah.Pada dasarnya kemampuan orang berbeda sekarang bagaimana menanpung kecerdasan sianak dalam menampung bakat sianak padahal game online memiliki dampak positif seperti aktivitas fisik,sportif,antara kerja sama tim,kordinasi mata dan tangan seperti ketangkasan sianak,keterampilan social yang tadinya pemalu dan sekarang berbaur .Kerja sama tim dapat melatih untuk sosialisasi terus mengurangi stress karena saat lelah dan penat dalam belajar disekolah karena terus belajar dan belajar disekolah meluangka waktu game online sejenak dapat saja mengurangi stress. Intinya kita dapat memanej waktu dalam membagi waktu antara belajar dan bermain. Semua orang itu pintar karena pintar tidak harus dipelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar